Jenis Data SIG

Jenis-jenis data
DATA
Data adalah fakta mengenai objek, peristiwa, dan aktivitas yang dinyatakan oleh nilai (angka, karakteristik, simbol)

INFORMASI GEOGRAFIS
informasi geografis adalah dta yang ditempatkan dalam konteks ruang dan waktu

JENIS-JENIS DATA SIG
1. Data Spasial (keruangan)
Data yang mempresentasikan aspek keruangan dari suatu fenomena atau mengidentifikasikan posisi geografis suatu fenomena. contoh data spasial antara lain letak suatu wilayah, posisi sumber minyak bumi,dsb.
bentuk-bentuk data spasial :
titik (dot), contoh: posisi terminal
garis (poly line), contoh: jaringan jalan raya
area (polygon), contoh: wilayah kecamatan
 2. Data Atribut (deskripsi)
data yang mempresentasikan aspek-aspek deskripsi/penjelasan dari suatu fenomena di permukaan bumi dalam bentuk kata-kata, angka, atau tabel. contoh data atribut misalnya kepadatan penduduk, jenis tanah, dsb.
bentuk-bentuk data atribut:
data kuantitatif (angka-angka/statistik), contoh: jumlah penduduk
data kualitatif (kualitas/mutu), contoh: tingkat kesuburan tanah
SUMBER DATA SIG
1.DATA Lapangan (Teristis)/Data Primer
data yang diperoleh secara langsung (data primer) dari hasil pengamatan /pengukuran di lapangan, contoh :
-Data Peta
data  berupa informasi yang dicetak pada peta/film
-Data Penginderaan Jauh
data berupa foto udara dan citra satelit

2. DATA SEKUNDER (Data dari literatur)
contoh : Data Jumlah penduduk, Data nama jalan, nama sungai, dll


DATA RASTER
Data raster adalah data yang disimpan dalam bentuk kotak segi empat (grid)/sel sehingga terbentuk suatu ruang yang teratur. Foto digital seperti areal fotografi atau foto satelit merupakan bagian dari data raster pada peta. Raster mewakili data grid continue. Nilainya menggunakan gambar berwarna seperti fotografi, yang di tampilkan dengan level merah, hijau, dan biru pada sel. Pada data raster, obyek geografis direpresentasikan sebagai struktur sel grid yang disebut sebagai pixel (picture element). Resolusi (definisi visual) tergantung pada ukuran pixel-nya, semakin kecil ukuran permukaan bumi yang direpresentasikan oleh sel, semakin tinggi resolusinya. Data raster dihasilkan dari sistem penginderaan jauh dan sangat baik untuk merepresentasikan batas-batas yang berubah secara gradual seperti jenis tanah, kelembaban tanah, suhu, dan lain-lain.Peta Raster adalah peta yang diperoleh dari fotografi suatu areal, foto satelit atau foto permukaan bumi yang diperoleh dari komputer. .

Contoh sumber-sumber entity spasial raster adalah citra satelit, misalnya NOAA. Spot, Landsad Ikonos, dll. Kemudian citra radar, dan model ketinggian dijital seperti DTM atau DEM dalam model data raster

DATA VEKTOR
Pada model data vektor, unsur geografik disajikan secara digital seperti bentuk visualisasi/penyajian dalam peta hardcopy. Model data vektor menampilkan, menempatkan, dan menyimpan data spasial dengan menggunakan :
1.Titik-titik.
Entity titik meliputi semua objek grafis atau geografis yang dikaitkan dengan koordinat. Di samping koordinat-koordinat, data atau informasi yang diasosiasikan dengan ‘titik’ tersebut juga harus disimpan untuk menunjukkan jenis titik yang bersangkutan.
2.Garis-garis atau kurva.
Entity garis dapat didefinisikan sebagai semua unsur-unsur linier yang dibangun dengan menggunakan segmen-segmen garis lurus yang dibentuk oleh dua titik koordinat atau lebih.
3.Poligon/luasan beserta atribut-atributnya.
Cara yang paling sederhana untuk merepresentasikan suatu poligon adalah pengembangan dari cara yang digunakan untuk merepresentasikan arc yang sederhana yaitu merepresentasikan setiap poligon sebagai sekumpulan koordinat (x,y) yang membentuk segmen garis, dimana mempunyai titik awal dan titik akhir segmen garis yang sama (memiliki nilai koordinat yang sama).

Jenis Data SIG Jenis Data SIG Reviewed by Julia Febrianti-Haris Fadhillah on September 05, 2016 Rating: 5

1 komentar:

  1. mantaps guys ,, artkel ini bermanfaat dan sangat membntu sekali

    BalasHapus

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.