4 Prinsip Geografi dan Contohnya/Fenomenanya

oleh : Haris Fadhillah

Dalam menelaah gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari, ada empat prinsip yang dapat digunakan, adalah :
1.Prinsip Persebaran (Distribusi), untuk menelaah gejala geografi yang tersebar dipermukaan bumi secara tidak sama, dan tidak merata, baik bentang gejala fisik maupun biotiknya.
Contoh : Persebaran flora dan fauna, persebaran penduduk, persebaran bentang alam dan lain sebagainya.

2.Prinsip Interelasi , untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala yang lain dalam suatu ruang. Hubungan sebab akibat
Contoh: Letak garis lintang dapat memengaruhi iklim, gerakan penghijauan dapat mencegah banjir dan tanah longsor, kepadatan penduduk memengaruhi pembangunan disegala bidang , dan lain sebagainya.

3.Prinsip Deskripsi, untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang gejala-gejala dimuka bumi yang diamati.

Contoh : Disini dapat kita kaji lebih jauh, misalnya apakah hujan itu?, bagaimana hujan dapat terjadi?, apa manfaat hujan?, dan seterusnya.
Oleh karena itu, dalam memberikan penjelasan dapat disajikan dengan tulisan, diagram, grafik, tabel, gambar atau peta, dan lain sebagainya.

4.Prinsip Korologi (gabungan 3 prinsip), untuk meelaah gejala, fakta, maupun permasalahan, yang ada disuatu tempat yang ditinjau dari persebarannya, interelasinya, interaksinya dan integrasinya dalam ruang tertentu.
Contoh : bagaimana persebaran hujan di Indonesia?, mengapa hujan dikawasan Indonesia bagian barat lebih banyak disbanding dengan yang ada dikawasan Indonesia bagian timur?, apa hubungan hujan dengan jenis-jenis tanaman? , apa manfaat hujan bagi kehidupan manusia?, dan seterusnya.

4 Prinsip Geografi dan Contohnya/Fenomenanya 4 Prinsip Geografi dan Contohnya/Fenomenanya Reviewed by Julia Febrianti-Haris Fadhillah on Agustus 04, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.